Ternyata "label" expired sama best before itu beda


Hai hai teman-teman, Pernah perhatikan ga di kemasan produk makanan / minuman kamu ada yang tercetak “Expired date” atau “best before”, mungkin sebagian besar dari kita berasumsi itu artinya sama padahal artinya bedanya loh.


Berikut ulasan yang menjelaskan perbedaan expiry date dan best before :
Best before / sebaiknya digunakan sebelum. Jadi best before artinya sebaiknya digunakan sebelum batas waktu tanggal tertera di kemasan. Jadi jika melewati batas tanggal yang ditentukan sebenarnya produk tersebut masih boleh digunakan atau dikonsumsi hanya saja produk tersebut telah mengalami oksidasi atau kadar atau kandungan gizinya berkurang. Jadi waktu digunakan atau dikonsumsi tidak masalah hanya saja kandungan saja mulai menurun atau sudah tidak segar. Dan best before tidak berlaku bagi makanan yang telah dibuka kemasannya. Setelah kemasan dibuka, udara akan membuat makanan tersebut kontaminasi. 
 



Expired date / kadaluwarsa Ini adalah tanggal kadaluwarsa yang tercantum pada kemasan atau produk tertentu. Jadi jika digunakan atau dikonsumsi melewati tanggal tersebut maka sangat dilarang karena akibatnya sangat berbahaya bagi tubuh, bisa terjadi keracunan atau alergi lainnya pada tubuh. Karena produk tersebut sudah tumbuh racun/jamur/parasit yang menjadi musuh bagi tubuh manusia. Misalnya pada kemasan tertera Expired date/kadaluwarsa 01 Januari 2017 dan itu artinya sama sekali tidak boleh digunakan/konsumsi melewati tanggal tersebut.







TAPI EH TAPI…..



ada mitor yang beredar di Indonesia ini loh guys. Mitosnya adalah biasanya diciptakan dan dilakukan oleh para ibu-ibu. Mitosnya adalah “Ditaruh kulkas ga bakalan kadaluarsa” (tak tak des!) biasanya sih roti yang kayak ini. Awet kok gpp karena sudah ditaruh kulkas.



Semoga aku besok gak begitu kalau sudah jadi mama-mama (amit-amit cabang olah raga) HAHA



Nah, bagaimana teman? Sudah mengerti tentang perbedaan expired date dan best before ? Jangan lupa di bagikan ke teman / sodara / keluarga kamu ya karena Jangan sampai kamu menyamakan arti tanggal expired date (kadaluwarsa) dan best before dalam kemasan produk makanan atau minuman kamu, yah!

13 comments

  1. Satu bulan sebelum masa expired apakah masih bisa di makan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau keliwat tanggal expired pun "bisa dimakan" hehe

      Delete
  2. klo sya sh pernah makan yg udah kadaluawarsa tpi ga terjadi apa2..mungkin efek orang desa yg kebal dg hal semacam itu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada apa2? Ga sakit perut?
      Yah kuatnya...

      Delete
  3. namanya juga orang desa..kan sering mkan singkong..biasanya kata2 itu buat candaan di daerah sya.hehe

    ReplyDelete
  4. masih nggak paham yang best before gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal roti tawar tulisannya best before tanggal. Nah artinya baik dikonsumsi sebelum tanggal itu.
      Tapi kalau makanan kalengan biasanya expired, jd setelah lewat tanggal sama skali tidak boleh dikonsumsi

      Delete
  5. artikelnya bagus, berhubungan sy lulusan pemasaran jdi agak tau materi ini . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Q malah nda kuliah 😭
      Krena ada sesuatu yg bikin gagal daftar PTN/PTS
      Oooooops curcol

      Delete
  6. Ngomong-ngomong saya malah baru tahu bedanya, wkwk. Sekarang lagi seneng lihat makanan apapun, cari tulisan "best before" atau "exp" :D

    Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete


Top